Ramadhan

Ramadhan Oh, Ramadhan…..umat Islam sangat menanti-nanti kedatanganmu. Semua orang tahu bahwa keberkahan di bulan ini tidak boleh di sia-siakan, karena belum tentu kita bisa sampai pada ramadhan tahun depan. Maka tak jarang masjid yang selalu sepi pada hari-hari biasa akan berubah menjadi sedemikian sesaknya saat ramadhan datang. Tayangan-tayangan di televisi pun menjadi lebih islami, mulai dari sinetron sampai menjamurnya kompetisi da’I kecil sampai tahfidz. Begitulah ramadhan, ia selalu datang membawa berpaket-paket pahala bagi orang muslim yang mau bersungguh – sungguh beramal dibulan ini.
Momen ramadhan merupakan waktu yang sangat istimewa untuk umat muslim karena pada bulan itu Allah menurunkan kitab Al-Qurán kepada Nabi Muhammad Saw melalui malaikat jibril. Al-Qurán sebagai kitab petunjuk dari Allah sangat terjaga kemurniannya. Ribuan bahkan jutaan umat muslim menjaga kemurniannya dengan menghafalkannya. Sungguh Al Qurán terjaga dari pemikiran manusia yang penuh dengan kelemahan. Ia adalah pesan dari sang Maha pencipta yang telah diwahyukan kepada Rosul utusanNya untuk menyampaikan pesan-pesan kehidupan kepada seluruh umat manusia. Sehingga Qurán bukan hanya sebagai petunjuk, namun ia adalah pembeda antara hal yang benar dan batil, ia adalah obat dari segala penyakit hati, penenang jiwa agar tak kering terbunuh masa.

Hari berganti, detik waktu tak terasa meninggalkan nafas-nafas kita sebagai manusia yang tak punya daya selain karena kekuatan hidup yang di anugerahkan kepada kita. Maka ketaatan kepada Allah SWT akan menuntun hati yang cenderung pada kebaikan kehidupan di dunia dan di akherat. Maka sudah sewajarnya sebagai seorang muslim mewujudkan rasa syukurnya di bulan ramadhan dengan memperbanyak amalan-amalan hanya untuk mendapatkan Allah semata. Ramadhan sudah akan berlalu, Ramadhan akan segera pergi dan semoga kita tidak menjadi orang-orang yang merugi karena menyia-nyiakan waktu yang dimiliki untuk hal-hal yang tidak berguna. dengan begitu semoga kita menjadi salah satu orang yang mendapatkan kemuliaan malam lailatul qodar, malam seribu bulan yang dinanti keberkahannya oleh setiap muslim di muka bumi, amin.

Comments